LOMBA MENGHIAS TUMPENG MERIAHKAN KEGIATAN DIES NATALIS KE-7

20 Apr 2014

SANGATTA Formatifs News Panitia Dies Natalis ke-7 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur kembali mengadakan lomba-lomba yang menunjang kretivitas mahasiswa. Setelah sukses menggelar acara pembukaan (17/04/14) yang bertempat di aula STAI Sangatta, kemudian dilanjutkan dengan lombaSTAIS Idol, kegiatan pun dilanjutkan pada esok hari (18/04) dengan mengadakan perlombaan menghias tumpeng. Kegiatan ini pun tak kalah meriahnya dari acara pembukaan dan lomba STAIS Idol.

Peserta yang terdaftar dalam Lomba menghias tumpeng seluruhnya berjumlah 18 lokal, namun yang mengikuti perlombaan hanya 10 lokal. Dalam perlombaan ini, 1 lokal wajib mengirimkan 3 orang perwakilan. Rahma selaku koordinator perlombaan menghias tumpeng menuturkan tentang peserta yang hadir maupun yang tidak hadir. Seluruh peserta ada 18 lokal, yang hadir hanya 10 lokal, kemudian 1 lokal kurang informasi sehingga sampei sekarang tidak hadir dalam perlombaan menghias tumpeng, papar Rahma. Dijelaskan pula bahwa teknis dari lomba menghias tumpeng ini adalah segala peralatan dan pernak-pernik tumpeng disiapkan dari rumah masing-masing, tumpeng dan segala pernak-perniknya disusun saat perlombaan dimulai.

Di dalam suatu kegiatan, pasti akan ditemukan sedikit kendala atau permasalahan, tak terkecuali pada perlombaan kali ini. kami temukan sebelum lomba, ada peserta yang tidak mengetahui peraturan, ada yang sudah menata tumpeng dari rumah. Kami memberikan kesempatan 10 menit kepada peserta yang bersangkutan untuk membongkar kembali tumpeng yang sudah disusun pungkas Rahma. Waktu yang disediakan panitia untuk perlombaan ini selama 60 menit. Sistem penilaian lomba menghias tumpeng memiliki 3 kategori yaitu rasa, penampilan, kekompakan dan ketepatan waktu.

Perlombaan menghias tumpeng pada jumat pagi ini sangat meriah dan dipenuhi antusias yang sangat bagus dari para peserta. Selaku peserta, perwakilan A6 pun menuturkan pendapatnnya tentang Perlombaan pada hari ini. Sangat meriah, dan saya lihat peserta cukup antusias. Kami juga mendapat dukungan dari rekan-rekan kelas kami, ujar salah satu satu tim lokal A6 Tarbiyah. Kartini, salah satu tim dari lokal A6 yang sekaligus Kosma menuturkan bahwa tumpeng yang mereka hias merupakan kreasi yang di ilhami dari gunung kelud. kami membuat tumpeng gunung kelud yang gunungnya hampir roboh, dikarenakan tumpengnya sempat retak. Jadi kami punya inspirasi baru, sehingga kami namai tumpeng gunung kelud, Ujarnya sambil tertawa. Komposisi yang ada dalam tumpeng mereka terdiri dari ayam bumbu bali, urap, tahu & tempe, mie, dan sambal goreng. Menurut kartini, kreasi tumpeng yang mereka namakan Gunung kelud merupakan suatu kreasi yang artistik, sebab sangat berbeda dengan tumpeng-tumpeng lainnya.

Peserta lainnya yang timFormatifs News temui disela-sela kesibukan menghias tumpeng, yakni dari lokal A4 juga berpendapat tentang kegiatan hari ini. Acara hari ini cukup meriah. Walaupun kami tidak dapat juara, yang penting turut memeriahkan acara Dies Natalis.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa perlombaan pada Dies Natalis kali ini termasuk lomba menghias tumpeng dipusatkan pada waktu-waktu reguler atau di luar perkuliahan weekend, hal ini berbeda dari pelaksanaan Dies Natalis tahun lalu. Iin Setiowati selaku ketua panitia angkat bicara tentang hal tersebut. lomba-lomba diadakan diluar perkuliahaan weekend karena setelah kami konfirmasi, dari pihak lembaga tidak memperkenankan untuk mengadakan kegiatan pada saat perkuliaahan weekend. Namun hal tersebut dapat kami maklumi mengingat kelas weekend memiliki jadwal yang padat, sehingga apabila lomba diadakan di kelas weekend, akan mengganggu proses belajar mengajar, pungkas Iin. Sebelum mengakhiri wawancara dengan pihak Formatifs News, Iin Setiowati yang biasa dipanggil Iin mengungkapkan Harapannya dalam acara dies natalis kali ini Mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik, sambil tersenyum dengan senyum khasnya. (formatifs.meximas.com)


TAGS Dies Natalis STAI Sangatta


-

Author

Follow Me